-->

OptiOnyOus

Pengumuman

Monday, June 27, 2011

Sejarah Zombi

Terfikir pulak aku nak bercerita tentang zombi. Aku tahu, cakap je pasal zombi korang gambarkan suatu makhluk yg menakut dan mengerikan. Korang tahu x sebenarnya zombi ni muka dia biasa-biasa je. Malah lagi hensehm dari korang. HAHA. Tak percaya? Ni gambarnya:

Hensehm kan? Nama gambar ni  Clairvius Narcisse, dari Haiti. 

Pada 1962,  Narcisse dijual kepada salah satu dukun Voodoo oleh saudara lelakinya kerana dia menolak menjual bahagian wasiatnya yg berupa tanah keluarga. Selepas itu Narcisse  di-meninggal-kan [dibunuh] “sementara” dan dikuburkan oleh dukun. Beberapa hari kemudian, tepat pada tanggal 2 Mei dia dibangkitkan kembali dan diberi makan makanan yg seperti pasta yg diperbuat daripada tanaman Datura yg jika diberikan ia akan menimbulkan efek Hallusinogenik dan menyebabkan memory loss (hilang ingatan) dan dijadikan zombie untuk diperkejakan di perkebunan tebu bersama para pekerja zombie lainnya . Sang Bokor (sebutan untuk seorang dukun ilmu hitam di Haiti) kemudian memaksanya untuk bekerja di perkebunan tebu bersama dengan zombi-zombi yg lain. Sampai akhirnya pada tahun 1980 Sang Bokor tersebut meniggal dunia. Setelah kematian “tuannya”, efek dari Hallusinogen mulai berkurang, Narcisse pun sedikit demi sedikit mendapatkan kembali kewarasannya dan kembali ke keluarganya setelah sekian lama. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa Narcisse dan kawan-kawannya (para Zombie) menyebar dan mengembara ke seantero Haiti selama 16 tahun sehingga para “anggota geng” ini ditangkap semuanya. Memang tidak ada informasi yang jelas dan kongkret mengenai hal tersebut.

Dari kisah Narcisse juga sebenarnya terbukti bahawa Zombi sebenarnya adalah manusia biasa yg sengaja dibuat menjadi setengah bernyawa untuk diperalatkan. Zombi berasal dan muncul pertama kali dari Pulau Haiti di Karibia. Di tempat tersebut banyak terdapat dukun-dukun yang menguasai berbagai ilmu hitam, termasuk voodoo. 

Istilah Voodoo (Vodun di Benin; juga Vodou, Voudou, atau ejaan lain yg bunyinya serupa di Haiti; Vudu di Republik Dominika) diberikan kepada cabang-cabang dari suatu tradisi keagamaan spiritis-animis yg berasal dari leluhur bangsa Afrika Barat. Akarnya beraneka ragam dan mencakup bangsa Fon, Ewe, dan Yoruba dari Afrika Barat, dari Nigeria barat hingga Ghana timur. Di Benin, Vodun adalah agama nasional, dan dianut oleh sekitar 60% dari penduduknya, atau sekitar 4½ juta orang. Kata vodĂșn berasal dari kata Fon-Ewe yang berarti roh. Di tempat lain, Voodoo sangat dipengaruhi oleh tradisi-tradisi Afrika Tengah. Dan menurut kepercayaan, hanya orang-orang yang menguasai Voodoo yang bisa menciptakan Zombie dan mereka ini dikenal dengan sebutan Bokor.

Sampai disini sahaja aku boleh kongsi info tentang zombi. Janganlah tertipu  dengan cerita-cerita yg menggambarkan zombi merupakan suatu makhluk yg bunuh orang dan menakutkan. Akhirnya, jangan biarkan hidup anda diselubungi misteri~ xD

No comments:

Post a Comment